tips menjaga kesehatan mental selama masa pandemi covid 19, mysafe, mysafe indonesia, produk alat kesehatan, alat kesehatan terdekat, alat kesehatan jakarta, alat kesehatan online, jual alat kesehatan, jual alat kesehatan terdekat, jual alat kesehatan jakarta, jual alat kesehatan di jakarta, mitra sarana indo

Kasus Covid-19 di Indonesia semakin bertambah seiring berjalannya waktu, tidak hanya di Indonesia tetapi lebih dari 190 negara juga terkena dampak Covid-19. Hal tersebut membuat rasa cemas dan ketakutan pada masing-masing orang. Terlebih lagi anjuran dari pemerintah untuk menjaga jarak satu sama lain dan juga harus memakai masker saat keluar rumah serta bekerja dari rumah. Bagi segelintir orang dapat mendukung arahan dari pemerintah, lalu sebagian orang lainnya menyebabkan kehilangan harapan untuk mengunjungi keluarga atau kerabat dekat.

Gangguan Mental

Gangguan mental selama masa pandemi Covid-19 dapat terjadi dari beberapa faktor seperti rasa ketakutan yang berlebihan, kesedihan karena tidak bisa bertemu dengan kerabat terdekat, merasa kebutuhan hidup tidak terpenuhi akhirnya menyebabkan rasa cemas, serta informasi yang masih simpang siur.

Hal tersebut merupakan salah satu dampak negatif selama pandemi Covid-19, beberapa diantaranya adalah kemiskinan banyak pemecatan di lingkungan pekerja, sehingga membuat beberapa banyak orang depresi atau gangguan kecemasan yang bisa menyebabkan bunuh diri.

Beberapa diantaranya yang bisa terkena dampak dari gangguan kecemasan mulai dari anak-anak, remaja, lansia, dan petugas medis yang menangani pasien yang terkena dampak Covid-19, akan mengalami gangguan kecemasan. Tekanan yang akan terjadi selama masa pandemi dapat menyebabkan gangguan psikologis diantaranya:

  • Kecemasan yang terjadi secara berlebihan
  • Pola tidur dan pola makan yang tidak baik
  • Rasa bosan akan terjadi pada anak-anak
  • Penyalahgunaan alcohol atau obat-obatan
  • Kemampuan fisik yang menurun

Tips menjaga kesehatan metal selama pandemi Covid-19

Berikut tips menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19 diantara lain:

1. Melakukan aktifitas fisik

Menjaga kesehatan fisik sama pentingnya menjaga kesehatan mental, di masa pandemi tidak dianjurkan untuk keluar rumah oleh karena itu melakukan olahraga ringan dirumah sudah bisa membantu aktifitas fisik agar tidak kaku.

2. Makan makanan yang bergizi dan bernutrisi

Menjaga pola makan dapat membantu kebutuhan nutrisi di tubuh , sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan membuat pola tidur membaik.

3. Membuat rutinitas harian

Supaya tidak menyebabkan kebosanan selama masa pandemi buat rutinitas harian, selama dirumah saja menjadi buat aktifitas menyenangkan seperti menonton tv, mendengarkan music dan lain sebagainya.

4. Memilah informasi

Selama masa pandemi banyak informasi yang belum tentu dipercaya kebenarannya. Pilihlah sumber informasi yang terpercaya dari lembaga penanganan Covid-19 yang ditunjuk oleh pemerintah

5. Tetap menjaga kebersamaan dengan sahabat, keluarga atau kerabat

Luangkan waktu beberapa saat untuk menelfon untuk menghindari rasa jenuh dan bosan saat merasa sendirian, karena dukungan dari mereka dapat bisa merasakan rasa semangat untuk bertahan hidup selama pandemi belum berakhir.

Jika kalian atau teman anda mengalami masalah kesehatan mental segera menghubungi dokter terkait masalah kesehatan mental. Tetap menjalani aktifitas seperti biasa walaupun dirumah saja, tetap produktif dan selalu jaga kesehatan dimana pun dan kapan pun, stay safe guys!

Bagikan :

Leave a Comment